Kamis, 06 Oktober 2011

Sekretaris yang Efektif


Seorang sekretaris mengemban tugas dan tanggung jawab yang kompleks seiring dengan tugas dan tanggung jawab si bos yang kompleks. Karena itu sekretaris haruslah memiliki kualitas personal dan kompetensi yang memadai. Berikut ini adalah lima kualitas dan kompetensi yang harus dimiliki seorang sekretaris agar ia mampu mengemban tugas-tugasnya secara efektif. 

Networking & Relationship
Kemampuan untuk membangun relationship merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Seringkali bos mengandalkan sekretaris dalam berhubungan dengan berbagai pihak baik kolega, bawahan, maupun atas. Untuk bisa mengemban fungsi ini seorang sekretaris harus memiliki kemampuan networking dan relationship yang mumpuni.

Multi-Tasking
Melakukan beragam pekerjaan dalam waktu bersamaan merupakan hal yang krusial bagi seorang sekretaris mengingat beban pekerjaan dari bos tak pernah kenal kompromi. Tak hanya itu seorang sekretaris yang efektif juga harus bisa membantu si bos menangani beragam pekerjaan melalui manajemen waktu (time management) yang baik.

Image
Penampilan merupakan aspek yang sangat penting bagi seorang sekretaris yang efektif. Karena itu cara kita berbicara atau berpakaian akan membentuk citra diri kita seperti apa. Sebagai sekretaris Anda dituntut untuk bisa membangun citra diri sebagai seorang profesional yang mumpuni.    

Learning & Growth
Seorang sekretaris yang efektif harus selalu belajar dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya untuk terus bertumbuh. Ingat karena lingkunagn pekerjaan yang selalu dekat dengan bos seorang sekretaris memiliki learning opportunity yang sangat besar. Peluang ini harus secara cerdas ditangkap. Tak sedikit sekretaris yang mampu memanfaatkan peluang ini sehingga karirnya melesat bahkan hingga menduduki posisi eksekutif di perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar